Dalam beberapa hari ke depan Bangsa Indonesia akan memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Kemerdekaan RI. Nuansa yang berbeda tentu terasa bila dibandingkan dengan peringatan pada tahun-tahun sebelumnya. Kali ini, kita akan merayakan peringatan tersebut dalam suasana pandemi Covid-19 yang belum diketahui kapan akan berakhirnya.

Peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI mendatang, masyarakat seharusnya dapat memetik pembelajaran dari spirit dan teladan para pendiri bangsa, yang telah mewariskan spirit kebersamaan, gotong royong, gigih berjuang, ketangguhan, dan daya adaptasi yang telah teruji dalam menggapai cita-cita kemerdekaan, serta upaya membangun kemandirian dalam  menggapai kehidupan yang lebih baik  di tengah keterbatasan dan rintangan yang dihadapi.

Seperti yang terjadi pada saat pendemi Covid-19 saat ini, spirit bangkit untuk masa depan yang lebih baik dalam menggapai Indonesia Maju, harus dapat menjadi landasan setiap. Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19 di Indonesia dr. Achmad Yurianto meminta masyarakat disiplin mentaati anjuran dari pemerintah terkait pencegahan penyebaran virus Corona. Beliau pun mengajak masyarakat meneladani sikap para pahlawan dalam merebut kemerdekaan, merdeka dari Covid-19. Menurutnya, kita harus benar-benar bisa menjadi pahlawan untuk menyelamatkan keluarga, tetangga, lingkungan, dan bangsa kita.

Pemerintah telah mencanangkan kebiasaan hidup baru untuk mengahadapi Covid-19. Gotong-royong dalam memutus rantai penularan Covid-19 dengan kebiasaan hidup baru sangat penting. Usaha tersebut dapat dilakukan dari tingkat yang paling kecil. Sehingga diharapkan kita semua dapat menjadi pahlawan dalam berjuang untuk merdeka dari Covid-19.