Sukses mengelola berbagai unit usaha dan anak perusahaan sepanjang 2019, Nursatyo Argo kembali didapuk memimpin Koperasi Tankers.  Mantan Sekertaris Perseroan PT Pertamina (Persero) itu dipilih  secara aklamasi dalam Rapat  Anggota Tahunan (RAT) Koperasi Tankers yang untuk pertama kali digelar secara virtual, Selasa, 21 Juli 2020 di Jakarta.

Ditunjuknya kembali Argo untuk menakhodai koperasi karyawan Pertamina Perkapalan mengacu pada track record yang positif selama tiga periode ia memimpin kopkar yang berdiri sejak 1983 itu.

Dalam sambutannya mewakili induk perusahaan, Senior Vice President Pertamina Perkapalan, Djoko Eko Purwanto mengatakan perusahaan berterima kasih kepada Koperasi Tankers yang sudah ikut serta membantu perusahaan dalam men-dukung ekonomi karyawan, baik karyawan tetap maupun outsourcing.

“Di tengah pandemi Covid-19 yang berdampak pada kelesuan ekonomi di berbagai sektor, tentu tidak mudah menjalankan usaha berbasis koperasi seperti  dilakukan saudara Nursatyo Argo. Kami berharap Koperasi Tankers terus  bertahan untuk dapat memenuhi kesejahteraan anggotanya,” tuturnya.

Kesediaan Argo kembali memimpin Koperasi Tankers juga diapresiasi anggota maupun karyawan yang hadir dalam RAT virtual itu.

“Untuk saat ini tenaga dan pikiran Pak Argo tampaknya masih sangat dibutuhkan dalam memajukan koperasi. Ke depan kita harapkan beliau menyiapkan  kader muda yang andal, sehingga regenerasi kepemimpinan  di tubuh Koperasi Tankers dapat berlangsung dengan baik,” ujar Jones Nababan.

Bendahara Koperasi Tankers itu diminta pendapatnya usai Argo dikukuhkan kembali memimpin Koperasi Tanker untuk periode 2020-2024.

Sebagai koperasi dengan basis anggota karyawan yang bernaung di bawah Pertamina Shipping, Argo memang jeli melihat peluang bisnis di depan mata, yaitu menjadi vendor yang menyediakan berbagai barang yang dibutuhkan induk perusahaannya.

Agar dapat bergerak profesional dan bersaing dengan vendor lainnya, sejak 2006 Argo mendirikan anak usaha berbentuk persero yang hingga kini terus berjaya dengan empat anak perusahaan, yaitu PT Tanker Mandiri, PT Tanker Samudera Mandiri, PT Perta Samudera, dan PT Samudera Perdana Maritim.  Satu anak perusahaan baru yaitu PT Tanker Karya Gemilang belum beroperasi karena masih dalam proses kelengkapan dokumen.

Dalam laporan pertanggung-jawaban pengurus, Argo menyampaikan sepanjang 2019, Koperasi Tankers agresif mengembangkan sayap usaha melalui perjanjian kerja sama dengan sejumlah perusahaan manufaktur maupun distributor luar negeri di samping kerja sama yang sebelumnya sudah terjalin. Antara lain keagenan Sauer Compressor (Jerman), Naniwa Pump (Jepang), Taiko pump (Jepang), Sperre Compressor (Norway), Scanjet Marine (Swedia), Allweiler Pump, Elektro Motor Hoyer, Kongsberg (Norway) untuk bidang pengadaan software kapal dan PT Marinedo Dwisri Intfode untuk pemanfaatan sarana peralatan perbengkelan,

Aktivitas lainnya adalah peningkatan ketrampilan karyawan melalui pelatihan dan kursus di dalam maupun di luar negeri, antara lain pengiriman dua karyawan untuk mengikuti pelatihan Sauer Compressor di Singapura. Maupun mengadakan kursus yang dihadiri sekitar 90 orang pengguna Sauer Compressor di Jakarta dengan mendatangkan tenaga pengajar dan peralatan praktek langsung dari Jerman.

Hingga Desember 2019, Koperasi dengan anggota 977 orang ini  mengantongi aset sebesar Rp89 miliar dengan volume usaha Rp117,337 miliar dan perolehan SHU Rp5,732 miliar.  (Kur)