Di tengah persaingan usaha yang semakin ketat Koperasi Tankers terus melaju untuk merealisasikan komitmennya menjadi koperasi terbaik dan unggul. Sepanjang tahun lalu, Koperasi yang masuk dalam jajaran Koperasi Besar Indonesia ini gencar melakukan perluasan kerja sama usaha baik dengan perusahaan manufaktur maupun distributor asing.

Nursatyo Argo, Ketua Koperasi Tankers menuturkan, perluasan usaha itu dibarengi dengan perkuatan kerja sama yang telah terjalin. “Perluasan usaha ditujukan untuk merealisasikan pencapaian target demi kesejahteraan anggota,” ujar Argo.

Tercatat, hingga tahun 2019 Koperasi Tankers telah menandatangani nota kesepahaman (memorandum of understanding atau MoU) dengan beberapa pihak antara lain pengadaan kompresor beserta suku cadangnya dengan Sauer Compressor dan Sperre Compressor, pengadaan pompa-pompa dan material marine sparepart dengan Taiko Pump dan Nawiwa Pump dari Jepang serta Allweiler Pump, pengadaan peralatan alat ukur muatan kapal tanker dengan Scanjet, dan pengadaan software kapal dengan Kongsberg.

Perluasan kerja sama usaha itu juga diiringi dengan pelatihan dan pendidikan baik untuk para karyawan maupun mitra Koperasi Tankers. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi teknis dalam bidang perkapalan khususnya terkait pengelolaan kompresor. Pelatihan ini dilakukan bekerja sama dengan Pall Marc Group Singapura yang merupakan Sole Agent of Asia merek Sauer Compressor. Koperasi Tankers sendiri merupakan Sole Distributor di Indonesia untuk merek kompresor yang sama.

Koperasi yang beraset sebesar Rp89,83 miliar pada 2019 ini juga konsisten melaksanakan tanggung jawab sosialnya (CSR). Beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan yaitu santunan anak yatim, pemberian beasiswa, dan santunan duka bagi anggota yang keluarga intinya meninggal dunia. Total dana CSR yang disalurkan pada tahun lalu sebesar Rp105,45 juta, naik dibanding tahun sebelumnya sebesar Rp97,75 juta.

Argo menambahkan, di tengah penyebaran wabah Covid-19 pihaknya tetap berkomitmen untuk mengembangkan usaha koperasi. “Meski dihadapkan pada kondisi yang penuh tantangan, namun kami akan terus genjot profitabilitas,” ungkapnya.

Untuk menggenjot profitabilitas, Koperasi Tankers dan anak usahanya akan lebih agresif untuk mengoptimalisasi potensi pengadaan barang dan jasa perbaikan kapal, galangan maupun perusahaan non Pertamina. Selain itu, mengembangkan usaha agen peralatan dan material atau suku cadang.

Oleh karenanya, kata Argo, pengurus mengharapkan dukungan dari perusahaan induk Pertamina Perkapalan dan anggota. Sebab koperasi sejatinya merupakan milik anggota, digunakan anggota, dan untuk dinikmati hasilnya oleh anggota. “Mari kita bersama-sama mengembangkan Koperasi Tankers agar lebih besar demi peningkatan kesejahteraan ,” ujar Argo.  (Kur)http://majalahpeluang.com/perluasan-usaha-untuk-dorong-kesejahteraan-anggota/